Yamaha Mio ‘megap-megap’ melawan Honda Vario, Suzuki Spin dan Kymco Free LX. Yamaha tahu itu ! Mio perlu diupgrade supaya mampu menyerang balik. Dan hasilnya, Yamaha Thailand baru saja meluncurkan Yamaha Mio generasi baru, Mio 2007. Yes, Mio strikes back !

Mio 2007

Perubahan bodi paling terasa ada di baju baru yang digunakan oleh Mio 2007. Dilihat sekilas, ubahan yang diusung Mio 2007 bak Yamaha Mio lokal yang dimodifikasi dan sering kita lihat liputannya di tabloid-tabloid. ‘Dada’ dibuat membusung akibat lampu baru kini menganut desain ‘bego’. Hal ini sudah jamak dilakukan oleh modifikator lokal yang menjejalkan lampu Yamaha Nouvo Z pada bodi Mio modifikasi. Namun lampu Mio 2007 memiliki desain baru yang menawan dengan lampu utama yang membulat. Tidak serta merta mencaplok lampu Nouvo Z. Mengikuti desain lampu baru yang kini ‘bego’, tebeng depan didesain ulang dengan imbuhan ‘Air Duct’. Kesan cepat dan aerodinamis, sungguh membuat Mio 2007 bak ‘ganti kelamin’ dari motor perempuan sekarang menjadi motor laki-laki.

Otomatis mengikuti perubahan desain lampu, cover setang kini menganut model ‘buta’ yang meruncing dan menyasar kesan sporty aerodinamis. Bentuk cover setang Mio 2007, mirip sekali dengan cover setang Yamaha Jupiter MX.

Spidometer baru, menggantikan spidometer lama Yamaha Mio yang terkesan terlalu sederhana. Cuma satu yang bisa saya bilang, garang ! Tapi tetap mudah dibaca.

Mio 2007

Ada perubahan juga di sektor leg-shield yang kini menyerupai sayap pada motor bebek. Lebih menutup ke sisi dalam. Kaki pengendara lebih bisa ‘ngumpet’ dan aman. Dek didesain baru dengan motif yang asyik. Footstep boncenger memiliki rancangan yang sama dengan Yamaha Fino. Yamaha betul-betul tak mau lagi mengulang ‘kesalahan klasik’ Yamaha Mio versi awal yang membuat Mio dikeluhkan boncenger sebagai motor yang tidak nyaman.

Mio 2007 Mio 2007 Mio 2007

Yamaha mempersenjatai Mio 2007 dengan senjata serupa yang dimiliki Yamaha Fino. Kompartemen di bawah setang, kini dilengkapi dengan U-Box yang bisa digunakan untuk membawa barang-barang kecil. Mekanisme kunci juga serupa dengan Yamaha Fino, sudah dilengkapi dengan Key-Shutter.

Lampu belakang juga didesain baru. Lebih mewah dan elegant. Sekilas, mirip dengan lampu belakang Yamaha New Vega deh.

Mio 2007

Yamaha Thailand, menyuguhkan Mio 2007 dalam 4 varian : MX, ZR, Z dan Final di mana MX merupakan kasta tertinggi dan Final adalah yang terendah. Perbedaannya meliputi velg CW yang digunakan hanya pada varian MX. Sedangkan varian Final merupakan satu-satunya varian yang tidak menggunakan rem cakram pada roda depan. Perbedaan varian ZR dan Z adalah kesan ‘two tone’ pada beberapa part bodi seperti tebeng depan, di mana ZR (dan MX) menggunakan two tone sedangkan Z hanya satu warna. Seluruh varian, memiliki stripping baru bernuansa tribal.

Tidak ada perubahan spesifikasi pada mesin. Kapasitas mesin tetap 113,7 cc. Pada dimensi motor juga hampir tidak ada bedanya dengan Mio sebelumnya. Sedikit perubahan ada pada kapasitas tangki bahan bakar yang kini 4.1 liter atau sama dengan yang diusung Yamaha Fino.

Mio 2007 Mio 2007 Mio 2007 Mio 2007